google-site-verification: googlea9a7bb945be0257d.html Jagad-enjang: Khasiat-Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Friday, February 22, 2013

Khasiat-Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Banyak manfaat Kayu Manis bagi kesehatan

Khasiat (manfaat) kayu manis bagi kesehatan tubuh ternyata cukup banyak. Kayu manis cukup banyak tumbuh di wilayah asia seperti Vietnam, Sri Lanka, Indonesia, India, juga di Brasil, dan Mesir. Khasiat dan aroma kayu manis yang khas, berasal dari senyawa cinnamonaldehyde yang terkandung di dalam minyak kulit kayu manis. Khasiat (manfaat)Penggunaan kayu manis dengan mengeringkan kulitnya, bisa digulung atau dibuat menjadi bubuk.

Untuk saat ini Varietas kayu manis paling populer yang sering dimanfaatkan adalah jenis kayu manis Ceylon dan Cassia kayu manis. Varietas kayu manis Ceylon memiliki harga lebih mahal dibanding yang lainnya dan memiliki rasa manis. Kayu manis Ceylon juga dapat dengan mudah digiling dengan menggunakan penggiling kopi, serta memiliki duri yang lebih lembut. Untuk varietas Kayu manis Cassia, durinya lebih keras dibanding Ceylon dan warnanya lebih gelap, selain itu, varietas Kayu manis Cassia juga tidak dapat dengan mudah digiling menjadi bubuk jika dengan menggunakan penggiling kopi.

Khasiat (manfaat) kayu manis untuk kesehatan antara lain:

Mampu mengatur gula darah dan meningkatkan energi, cocok untuk penderita Diabetes dan hypoglycemics.

Mampu mengurangi kadar kolesterol LDL. LDL adalah kolesterol berbahaya. Jika LDL bisa dikontrol dan dikurangi, maka akan membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Kayu manis juga efektif untuk nyeri haid dan mengalahkan bakteri patogen yang merugikan tubuh. Bagi penderita Arthritis, Kayu manis juga mampu mengurangi rasa sakit yang muncul. Mampu mengurangi sitokin yang berhubungan dengan nyeri rematik.

Dari penelitian di University of Texas, menyatakan jika kayu manis mampu mengurangi proliferasi sel kanker, untuk mencegah kanker bahkan mengobati penyakit kanker.

Kayu manis adalah pengawet makanan alami yang aman.

Kayu manis mengandung serat, kalsium, zat besi, dan mangan. Dengan kandungan zat cinnamaldehyde, Kayu manis membantu menyeimbangkan hormon tubuh.

Kayu manis dapat meningkatkan hormon progesteron dan menurunkan produksi testosteron pada wanita.

Mampu atasi berbagai penyakit (neurodegenerative): penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, multiple sclerosis, tumor otak, dan meningitis. Kayu manis dapat mengurangi peradangan kronis terkait dengan gangguan neurologis (hasil penelitian di Laboratorium Riset Sitokin, Departemen Experimental Therapeutics, The University of Texas).

Demikian ringkasan artikel mengenai manfaat atau khasiat Kayu Manis bagi Kesehatan yang bisa kami informasikan, jika ada informasi lain mengenai manfaat atau khasiat Kayu Manis bagi Kesehatan yang akan memperkaya artikel ini, silakan berbagi dengan kami lewat komentarnya, agar pembaca juga ikut mengetahui. Terima-kasih, semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. info menarik, mohon tambah lagi info tentang kesehatan.

    ReplyDelete