google-site-verification: googlea9a7bb945be0257d.html Jagad-enjang: Bunga Rosela Untuk Mengobati Penyakit Gusi

Sunday, March 10, 2013

Bunga Rosela Untuk Mengobati Penyakit Gusi

Dunia medis telah membuktikan bahwa manfaat bunga rosela untuk kesehatan ternyata cukup bagus. Mungkin kita sudah tahu manfaat bunga rosela yang paling populer adalah bahan minuman yang menyegarkan, nah, dibalik itu bunga rosela juga berkhasiat untuk mengobati penyakit gusi karena gangguan bakteri Streptococcus sanguinis.

Para peneliti menemukan dari ekstrak kelopak bunga rosela (Hibiscus sabdariffa L) mampu menghambat perkembangan bakteri Streptococcus sanguinis yang menjadi penyebab gangguan sakit gusi. Bakteri Streptococcus sanguinis, menjadi pelopor terbentuknya plak gigi dan pemicu gingivitis atau radang gusi. Jika kita bandingkan, khasiat rosela sebanding dengan klorheksidin.

Dalam disertasi seorang dokter gigi spesialis periodontik Trijani Suwandi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, berhasil menemukan bukti bahwa bunga rosela memiliki kandungan zat yang mampu menggantikan peran klorheksidin dan sebagai obat tradisional yang aman dan tidak mengakibatkan efek samping. Bahkan jika dibandingkan dengan klorheksidin, bunga rosela lebih baik dan aman. Efek samping klorheksidin bisa menyebabkan warna hitam pada gigi dan lidah serta menimbulkan iritasi karena mengandung alkohol yang tidak baik untuk kesehatan.

Terbukti ekstrak kelopak bunga rosela mampu menghambat munculnya bakteri Streptococcus sanguinis, dengan kadar hambat minimal dan kadar bunuh minimal pada konsentrasi 0,78 persen. Bakteri sanguinis akan berkurang, sehingga plak dalam rongga mulut juga akan berkurang dan jumlah bakteri patogen bisa di tekan, bahkan mungkin tidak ada pelekatan plak sama sekali di gigi kita. Penyakit sering pertama kali masuk melalui mulut sehingga sangat penting menjaga kesehatan mulut termasuk gusi.

Penting bagi kita menjaga kesehatan mulut karena akan berdampak pada kesehatan tubuh yang lain. Menjaga kebersihan rongga mulut secara intensif dapat menghindarkan dari penyakit sistemik, seperti stroke, diabetes, dan jantung. Dari kasus yang terjadi, hubungan antara penyakit gusi pada ibu hamil dan kelahiran bayi prematur, ternyata cukup berpengaruh, 90 persen kasus kelahiran bayi prematur terjadi dengan ibu yang menderita penyakit gusi.

Masalah gangguan gusi, pengaruhnya sangat merugikan terhadap yang lain. Jika kita ingin memanfaatkan kelopak bunga rosela, maka gunakan rebusan kelopak bunga rosela sebagai obat kumur, maka ini akan membantu kesehatan gusi menjadi lebih terjaga dan sehat. Itulah manfaat yang bisa kita dapatkan dari kelopak bunga Rosela.

No comments:

Post a Comment