google-site-verification: googlea9a7bb945be0257d.html Jagad-enjang: Caraku Merubah Foto Menjadi Lukisan Cat Air Photoshop

Tuesday, December 16, 2014

Caraku Merubah Foto Menjadi Lukisan Cat Air Photoshop

Banyak sekali tutorial cara merubah foto menjadi lukisan cat air di internet, tapi mungkin membuat anda jadi bingung karena kurang jelas atau mungkin tidak sesuai dengan Adobe Photoshop milik anda. Ya, karena banyak diantaranya tutorial cara merubah foto menjadi lukisan yang menggunakan pluggin tambahan untuk melakukan editing photo sehingga jika anda tidak menginstal sendiri tentu tidak akan bisa melakukannya.

Berikut adalah cara merubah foto menjadi lukisan cat air tanpa menggunakan alat tambahan (pluggin) dan sudah ada di Adobe Photoshop (CS6). Langsung saja cara saya merubah foto menjadi lukisan cat air adalah sebagai berikut.

Pertama buka foto yang akan anda edit.


Lakukan duplicate background layer dengan cara tekan tombol ctrl+J di keyboard, sehingga muncul layer 1 diatas background.


Sekarang klik layer 1 dan lakukan convert to smart object, caranya klik kanan layer 1 lalu pilih convert to smart object. Jika kita perhatikan maka akan ada tampilan gambar kecil pada layer 1 sebagai tanda smart object.

Selanjutnya lakukan duplikasi pada layer 1 menjadi tiga bagian, itu artinya anda perlu dua lagi, silakan tekan ctrl+J sebanyak dua kali. Akan ada 3 layer diatas background (lihat gambar).


Selanjutnya, agar nanti lebih mudah dalam pengeditan rubahlah nama masing-masing layer dengan cara berikut: klik menu Layer > Rename layer.  Ubahlah nama layer no.3 dari atas (layer 1) dengan nama cutout. Ganti nama layer no 2 dari atas (layer 1 copy) menjadi dry brush. Ganti nama layer paling atas menjadi median.


Berikutnya, untuk proses pengeditan pertama, sembunyikan dulu 2 layer teratas yaitu Dry Brush dan Median, tujuannya adalah untuk menyeleksi layer mana yang akan anda edit terlebih dahulu. Silakan klik icon mata disebelah kiri layer Dry Brush dan Median, sehingga icon mata berubah menjadi kotak kecil.

Sekarang menuju cutout (dalam mode terlihat) klik di layer cutout, lalu klik menu Filter > filter gallery > Artistic > cutout. Silakan atur nilainya (bisa pakai nilai berikut)



Jika sudah klik OK. Selanjutnya rubahlah blending mode layer cutout dari Normal menjadi Luminosity.


Selanjutnya melangkah ke layer kedua yaitu dry brush. Hidupkan dulu mode dari sembunyi menjadi terlihat, klik icon kotaknya, sehingga icon mata muncul kembali, lalu klik di dry brush.
Selanjutnya menuju lagi ke filter > filter gallery > artistic > dry brush, lalu atur nilainya (bisa lihat contoh gambar) lalu klik OK.


Ubahlah Blending Mode layer dry brush dari Normal menjadi Screen.

Lanjut lagi ke layer paling atas yaitu Median. Silakan hidupkan dulu modenya dari tersembunyi menjadi terlihat seperti langkah diatas tadi, lalu klik median. Silakan klik filter > Noise > Median. Dan untuk nilai radius ubahlah maksimal 12.

Kemudian rubahlah Blending Mode layer Median dari Normal menjadi Soft Light. Dan langkah pengeditan sudah selesai, untuk penggabungan semua layer, klik kanan pada nama layer (median) > merge visible. Selanjutnya silakan disimpan.


Itulah cara yang saya gunakan untuk merubah foto menjadi lukisan cat air dan untuk efek lukisan yang lain seperti canvas dsb bisa anda eksplore sendiri, tinggal dicoba-coba saja. Sekian dari saya, cara merubah foto menjadi lukisan cat air, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment