google-site-verification: googlea9a7bb945be0257d.html Jagad-enjang: Cara Membuat Efek Kolase Foto Dengan Photoshop

Tuesday, February 3, 2015

Cara Membuat Efek Kolase Foto Dengan Photoshop

Belajar cara membuat efek kolase foto dengan Photoshop cukup mudah. Untuk mencoba membuat efek kolase foto dengan Photoshop telah saya posting disini untuk berbagi info kepada teman teman saya. Nah ,bagaimana cara saya membuat efek kolase foto dengan Photoshop, ini dia informasinya.

Langkah pertama, buka photoshop, dan pastikan dulu warna foreground adalah hitam dan background-nya putih (silakan tekan tombol D) dan untuk mengubah posisinya bisa dengan klik tanda panah dua arah didekatnya.

Langkah kedua, buka gambar/foto yang akan di edit/kolase.

Langkah ketiga, tekan tombol CTRL + J untuk membuat duplicate layer (biasanya bernama layer1) setelah itu agar lebih memudahkan, ganti nama layer1 tadi dengan nama ' foto ' (doble klik di  nama layer tersebut) lalu ketik namanya. Silakan lihat gambar.
Langkah Keempat, klik icon create a new layer (kanan bawah) untuk membuat layer baru, lalu klik icon Paint Bucket Tool, kemudian klik sekali di canvas (gambar) maka warna layer1 menjadi hitam. Drag layer ini dan tempatkan diantara layer background dan foto.
Langkah kelima, klik Create New Group untuk membuat grup layer. Ini sebagai cara untuk memudahkan pengerjaan dengan nama Group 1.

Langkah keenam, Klik di layer foto, kemudian drag layer foto ini kedalam Group 1 untuk memasukkan ke group1. (ditandai dengan layer foto bergeser sedikit ke kanan).
Langkah ketujuh, pastikan Group 1 terpilih (klik Group 1) ,  lalu buatlah dua buah layer baru (klik create a new layer) pada Group 1 lalu tempatkan keduanya tepat dibawah layer foto.
Langkah kedelapan, Lakukan pembuatan Clipping Mask dengan cara arahkan kursor tepat pada garis diantara layer foto dan layer 3, kemudian sambil tekan tombol ALT, lalu klik tepat di tempat tersebut. Perhatikan di depan layer foto terdapat tanda panah ke bawah dan canvas berubah jadi hitam (jika berasil).
Langkah kesembilan, klik pada layer 2, lalu buat seleksi kotak dengan Rectangular Marquee Tool dan beri warna putih (klik edit > fill > pilih white). Selanjutnya klik pada layer 3 juga buat kotak dengan cara yang sama tetapi ukurannya lebih kecil dari kotak pertama tadi dan pilih warna hitam.
Langkah kesepuluh, klik kanan layer 2  > pilih Blending Option (langkah ini untuk menambah efek saja) dan anda bisa atur seting sesuai selera (coba-coba) dulu dan untuk langkah ini bisa anda gunakan atau juga tidak.
Langkah kesebelas, klik kanan Group 1, pilih Duplicate Group (untuk membuat duplikat Group 1), kemudian beri nama Group 2.

Langkah keduabelas, pastikan Group 2 terpilih, lalu klik di layer 2 copy, kemudian sambil tekan tombol SHIFT  klik juga di layer 3 copy (sehingga kedua layer terpilih).
Langkah ketigabelas, klik Move Tools (pastikan centang di show transform controls) lalu geser-geser kotak, bisa diputar atau di resize sesuai keinginan. Jika sudah OK, klik Path selection tool (A) > apply.

Langkah ke empat-belas, silakan ulangi metode langkah 11 s/d 13, untuk membuat kolase berikutnya, sehingga anda mendapat hasil yang diinginkan. Jika semua sudah OK lalu gabungkan semua layer yang ada (klik kanan salah satu layer) lalu pilih merge visible.

Jika sudah anda bisa membuat variasi lain untuk mempercantik hasilnya, misalnya dengan mengganti background dan lainnya. Untuk mengganti  background, silakan buat seleksi mengelilingi kolase foto dengan menggunakan polygonal laso tool (L). Klik lalu tarik di titik titik (sudut) kotak dengan mengelilingi seluruh kolase foto.

Selanjutnya klik kanan canvas, pilih select inverse, tekan ctrl + del untuk menghapus warna background. Klik menu layer > new fill layer > gradient > OK, lalu pilih salah satu tema warna dalam kotak, anda juga bisa ubah setelan warna dengan putar tanda jarum yang ada. Setelah OK semua, klik kanan gradient fill > merge down. Hasilnya kira-kira seperti ini.
Terima-kasih sudah mampir di tempat saya, mudah-mudahan semakin sukses dan salam Indonesia hebat.

5 comments: