google-site-verification: googlea9a7bb945be0257d.html Jagad-enjang: Cara Membuat Partisi SD Card Untuk Link2SD

Monday, May 18, 2015

Cara Membuat Partisi SD Card Untuk Link2SD

Ini adalah cara membuat Partisi SD Card untuk Link2SD. Sering kali kita dalam membuat partisi SD card, lalu tidak support untuk program yang lain atau bingung cara settingnya Nah, kabar ini semoga bisa membantu anda untuk membuat Partisi SD Card menjadi lebih mudah dan sukses.

Ini adalah cara membuat Partisi SD Card untuk Link2SD dan akan lebih bagus jika kita memakai FAT32, untuk EXT2, EXT4 mungkin lebih susah karena tidak semua device support memakai jenis partisi ini. Sebelum melakukan tips ini, silakan buat backup dahulu demi keamanan data anda. Untuk membuat partisi SDcard (microSD) ini berhasil, syaratnya adalah kapasitas memory minimal 4 GB, karena jika hanya 2GB biasanya hanya partisi pertama yang akan terbaca.

1. Untuk mempermudah proses partisi anda bisa menggunakan Mini tool Partition Wizard yang  bisa anda diunduh http://www.partitionwizard.com/free-partition-manager.html

2. Silakan install Mini Partition Wizard.

3. Hubungkan SD Card ke komputer (sebaiknya pakai card rider) lalu buka/jalankan Mini Partition Wizard.

4. Silakan menuju ke drive SD card anda ( biasanya bernama disk 2).

5. Klik kanan drive SD Card, pilih Move / Resize. Move/Resize adalah untuk mengelola  kapasitas drive dan membuat partisi. Misalkan drive SD card kapasitasnya 2GB, lalu anda resize menjadi 1 GB (dengan merubah partition size-nya) maka sisanya akan menjadi calon partisi baru (unlocated space), mungkin sekitar 900 MB, karena ukuran sebenarnya SD card tidak full 2GB.


6. Silakan tentukan nilainya, bisa dengan cara drag tanda yang ada di pinggir kotak size and location (geser ke dalam), atau tulis langsung nilainya, setelah itu OK.


7. Jika anda lihat di dalam disk2 (sd card) ada dua partisi yang satu  FAT/FAT32 dan satunya lagi unallocated.


8. Selanjutnya kita rubah unlocated menjadi partisi baru, caranya klik kanan pada unallocated, pilih Create, lalu Yes.

9. Pada setting dialog yang harus anda rubah hanya bagian ini: Create As rubah menjadi Primary dan File System rubah ke FAT32 , lalu OK.


10. Maka jika anda lihat di disk 2, kedua partisi menjadi FAT32 dengan type Primary.

11.Terakhir klik tombol Apply ( kiri atas) lalu pastikan tutup semua program/document yang sedang berjalan di PC anda setelah itu pilih Yes, dan tunggu hingga proses selesai. Setelah ini maka SD card anda sudah support untuk link2SD.


Cara diatas digunakan jika kita hanya ingin membagi SDcard menjadi 2 partisi, hanya untuk keperluan media penyimpanan. Nah, berikut ini cara membuat partisi SDcard yang digunakan untuk aplikasi LINK2SD yaitu aplikasi yang berguna untuk menambah memory internal dan juga memindahkan aplikasi dari internal ke eksternal memory.

Klik disini cara membuat partisi SDcard untuk LINK2SD selengkapnya.

Semoga cukup jelas, dan sekian informasi cara membuat Partisi SD Card untuk Link2SD, salam sukses.

11 comments:

  1. Replies
    1. Jagad-Enjang: Cara Membuat Partisi Sd Card Untuk Link2Sd >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Jagad-Enjang: Cara Membuat Partisi Sd Card Untuk Link2Sd >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Jagad-Enjang: Cara Membuat Partisi Sd Card Untuk Link2Sd >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK Wd

      Delete
  2. udah berhasil partisi. tpi ketika di hp buka link2sd tidak bisa di link dri ext2 sampai seterusnya.. mohon pencerahan

    ReplyDelete
  3. Dengan cara diatas, memang aplikasi bisa kita "paksa" pindah ke sd card, dan masuk ke partisi yg pertama, lantas cara mindahin data "mengelinkkan" datanya gimana mas? Karena link2sd meminta partisi ext2? Tapi saat partisi kedua saya buat ext2, tetap tidak terdeteksi oleh link2sd partisi ext2 nya. Bisa kasih solusi mas? HH saya xperia e3 dual, kitkat (4.44) root, rom original

    ReplyDelete
    Replies
    1. pemahaman anda salah mas , link2sd berfungsi hanya memindah sebagian file aplikasi , tidak semua , jika anda paksa semua pindah ke SD card kemungkinan error anda akan anda dapatkan :D

      Delete
    2. ya buat apa dong mas dibuatin fitur ngelink ke sdcard gtu

      Delete
  4. gan saya mau tanya ini gan.,.
    semua langkah itu kan sudah saya lakukan dan selesai.,.
    saya mau menambah dengan aplikasiSwapper for Root.
    dan ketika saya buka aplikasi nya kan ada swapper configuration., yg isi nya aktif swaf ---- , swaf file positition, dan swaf file size.. yg jadi masalah swaf file positition kan harus sd card fat partion dan itu gak ada muncul saya cari-cari pun gak ada juga,, itu salah nya dimana ya gan.,.

    mohon pencerahan nya..

    ReplyDelete
  5. Jagad-Enjang: Cara Membuat Partisi Sd Card Untuk Link2Sd >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Jagad-Enjang: Cara Membuat Partisi Sd Card Untuk Link2Sd >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Jagad-Enjang: Cara Membuat Partisi Sd Card Untuk Link2Sd >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK R5

    ReplyDelete