google-site-verification: googlea9a7bb945be0257d.html Jagad-enjang: Ringkasan Bentuk & Penggunaan Verb Tenses

Monday, May 4, 2015

Ringkasan Bentuk & Penggunaan Verb Tenses

Bentuk-pola, penggunaan Verb Tenses bahasa Inggris secara ringkas berdasar waktu terjadinya. Kita harus memahami fungsi Verb Tenses secara benar, seperti Simple Present, Simple Past, Simple Future, Present Progressive, Past Progressive dan lainnya. Diagram ini bisa menjadi gambaran dalam memahami penggunaan Verb Tenses dalam pola yang tepat.

Penggunaan Verb Tenses dalam pola yang tepat


Simple Present
Secara umum simple present mengekspresikan peristiwa atau event yang selalu eksis, sering dilakukan (kontinuitas), kebiasaan, eksis (ada) saat ini, telah eksis pada waktu lampau dan tetap akan eksis di masa akan datang.

Simple Past
Peristiwa/hal terjadi di satu waktu tertentu di masa yang lalu. Dimulai dan berakhir di waktu lalu.

Simple Future
Peristiwa yang akan terjadi pada suatu waktu tertentu di masa akan datang.

Present Progressive
Memberikan pengertian bahwa sebuah perbuatan (peristiwa) tengah berjalan (dalam progres) pada satu waktu tertentu. Peristiwa itu dimulai waktu sebelumnya, tengah berlangsung dan berlanjut hingga beberapa saat kemudian, (peristiwa lain terjadi).

Present Progressive
He is sleeping right now. (Pemahamannya; Dia berangkat tidur pukul 10 malam ini. Sekarang pukul 11, dan dia masih tertidur. Tidurnya dimulai waktu lalu, dan masih berlangsung hingga saat ini, dan  memungkinkan akan berlanjut beberapa saat nanti)

Past Progressive
He was sleeping when I arrived. (Pemahamannya; Dia berangkat tidur pukul 10 malam ini. Saya datang pukul 11, dia masih tertidur. Tidurnya dimulai waktu sebelum dan masih dalam progres  pada waktu tertentu dimasa lalu dan mungkin (barangkali) akan berlanjut.)

Future Progressive
He will be sleeping when we arrive. (Pemahamannya; Dia akan berangkat tidur pukul 10 besok malam. Kami  akan tiba pukul 11. Aksi tidur akan dimulai sebelum kami datang dan itu akan terjadi pada suatu waktu dimasa akan datang.)


The Perfect Tenses

The Perfect Tenses
memberikan pengertian bahwa satu peristiwa terjadi sebelum peristiwa/waktu  lain terjadi.

Present Perfect
I have already eaten. (Pemahamannya; Saya selesai makan beberapa saat, sebelum sekarang. Waktu pasti tidaklah penting.)

Past Perfect
I had already eaten when they arrived. (Pemahamannya; Pertama, saya selesai makan. Kemudian mereka datang. Makan saya sudah lengkap selesai sebelum waktu/hal lain terjadi di masa lampau.)

Future Perfect
I will already have eaten when they arrive. (Pemahamannya; Pertama, Saya akan selesai makan. Kemudian mereka akan datang. Makan saya akan lengkap selesai sebelum waktu/hal lain terjadi dimasa akan datang.)


The Perfect Progressive Tenses

The Perfect Progressive Tenses memberikan pengertian bahwa satu peristiwa telah, sedang terjadi, yang dimulai beberapa saat yang lalu (sebelumnya) dan hingga mencapai peristiwa/waktu lain terjadi. Tense ini untuk mengekspresikan lamanya waktu (duration) tentang suatu peristiwa.

Present Perfect Progressive
I have been studying for two hours. (Pemahamannya; Peristiwa dalam progres yaitu studying. Kapan? sebelum sekarang, hingga sekarang. Berapa lama? dua jam.)

Past Perfect Progressive
I had been studying for two hours before my friend came. (Pemahamannya; Peristiwa dalam progres yaitu studying. Kapan? sebelum peristiwa yang lain terjadi pada waktu lampau. Berapa lama? dua jam.)

Future Perfect Progressive
I will have been studying for two hours by the time you arrive. (Pemahamannya; Peristiwa dalam progres yaitu studying. Kapan? hingga peristiwa lain terjadi di masa akan datang. Berapa lama? dua jam.)

Demikian ringkasan mengenai bentuk-pola, penggunaan Verb Tenses bahasa Inggris secara ringkas berdasar waktu terjadinya. Semoga bisa bermanfaat.

1 comment: