google-site-verification: googlea9a7bb945be0257d.html Jagad-enjang: Cara Flashing Smartphone Android Upgrade atau Downgrade

Sunday, July 26, 2015

Cara Flashing Smartphone Android Upgrade atau Downgrade

Cara flashing Smartphone Android untuk instal ulang operating system pada Android agar berjalan normal dan mengatasi berbagai masalah yang sering terjadi seperti bootloop/restart berulang-ulang, error, lemot dan lainnya. Namun bagi yang belum tahu cara flashing/instal ulang Smartphone Android mungkin tip ini bisa membantu anda.

Instal ulang (flashing) operating system pada android untuk memperbaiki dan memperbarui software yang mungkin rusak/corupt diperlukan agar perangkat bekerja normal dan lebih awet. Flashing ini juga bisa untuk melakukan upgrade ataupun downgrade sistem operasi android sesuai kebutuhan yang diinginkan. Denga berbagai alasan itulah suatu saat kita perlu melakukan flashing.

Kita perlu melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum melakukan Flashing Rom  antara lain sebagai berikut:

1.    Instal aplikasi untuk recovery pada Android anda, sebagai contoh anda bisa pakai ClockworkMod bisa anda unduh di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.koushikdutta.rommanager  dan untuk cara lengkap tentang ClockworkMod bisa anda baca di forum http://forum.xda-developers.com/wiki/ClockworkMod_Recovery Selain ClockworkMod bisa juga pakai Arnon_RA, dan lain-lain.

2.    Anda harus menyiapkan file Custom Rom/Firmware (yang nanti akan di Flashing) bisa anda dapatkan di Source.Android http://source.android.com/source/initializing.html

3.    Custom Rom/Firmware  ini harus memenuhi syarat untuk perangkat smartphone Android anda (misal stock ROM asli dari vendor atau custom ROM produk developer)

4.    Pasang MicroSD di perangkat ponsel anda (berfungsi sebagai tempat sementara pada Costom ROM)

Menuju langkah eksekusi:

1.    Setelah file custom ROM sudah siap, lalu pindahkan file tersebut ke SD Card (silakan buat folder dulu untuk penyimpanan file tersebut).

2.    Selanjutnya matikan Smartphone Android-nya, kemudian masuk ke Recovery Mode.

3.    Lanjutkan dengan melakukan Backup data terlebih dahulu, ROM yang sudah terpasang bisa untuk mengembalikan data seperti keadaan semula jika diperlukan.

4.    Langkah selanjutnya lakukan wipe data/reset, wipe cache partition, dan wipe dalvik cache. Cara ini akan menghapus sistem operasi di ROM Android anda.

5.    Sekarang lakukan Flashing/install ROM (masih dalam posisi Recovery Mode) dan Instal ZIP from SDcard/ cari flash zip dari SD Card (file tersimpan di folder di SD Card yang tadi anda buat).

6.    Selanjutnya untuk menjalankan perintah yang muncul di layar (sebagai ganti fungsi layar sentuh yang tidak berfungsi, gunakan tombol Volume UP, Volume Down dan Home (YES).

7.    Langkah terakhir restart android anda, pilih reboot system now dan selesai.

Silakan pelajari dulu sebelum anda mencobanya, semoga bermanfaat informasi cara flashing Smartphone Android/instal ulang operating system pada Android, salam sukses.

No comments:

Post a Comment