google-site-verification: googlea9a7bb945be0257d.html Jagad-enjang: Solusi atasi harddisk tidak terbaca di windows/komputer

Thursday, May 11, 2017

Solusi atasi harddisk tidak terbaca di windows/komputer

Pernah mengalami harddisk tidak terbaca di windows/komputer anda? Jangan panik dulu belum tentu kerusakan harddisk yang tidak terbaca di komputer tersebut rusak secara fisik, bisa jadi ini masalah format system yang memang bermasalah. Harddisk tidak terbaca setelah melakukan low level format harddisk. Jika kerusakan terjadi di bagian format sistemnya cobalah untuk memperbaiki dengan cara yang saya praktekkan dan ternyata berhasil mengatasi harddisk tidak terbaca di windows/komputer.

Mengatasi harddisk tidak terbaca di windows/komputer menggunakan Hiren's boot (HBCD). Jika anda belum mempunyai atau belum tahu apa itu HBCD silakan baca di link artikel yang saya berikan dibawah ini untuk download HBCD. Hirens adalah sebuah alat/software yang bootable via drive lain yang didalamnya berisi banyak tools yang bisa kita gunakan untuk cek/memperbaiki kerusakan baik itu kerusakan software ataupun cek hardware komputer terutama berhubungan dengan disk drive.

CARA CEK DAN REPAIR VIA HIRENS BOOT

DOWNLOAD DAN CARA INSTAL HIRENS BOOT DISINI

Harddisk (HDD) tidak terbaca di windows/komputer bisa disebabkan bermacam-macam kasus. Kerusakan pada format sistem bisa membuat HDD tidak terdeteksi oleh windows. Ini pengalaman saya saat mengatasi HDD yang berat, komputer sering hank dan terkadang muncul pesan critical harddisk. Karena jengkel saya coba melakukan Harddisk low level format menggunakan tool HBCD. Hasilnya setelah di HDD low level format harddisk tidak terdeteksi oleh komputer/windows. Ini terjadi karena HDD tidak memiliki format system NTFS atau FAT32. Lalu bagaimana caranya agar harddisk bisa terbaca kembali di komputer, berikut ulasannya.

Berikut kronologi saat saya melakukan low level format dan memulihkannya:

Persiapan sebelum melakukan HDD low level format: pasang HDD yang rusak tersebut di komputer, lalu booting komputer melalui Hirens boot (HBCD) tool (sebaiknya pakai media flashdisk).

Setelah jendela Hirens boot (HBCD)terbuka, pilih opsi MINI WINDOWS XP
Setelah mini xp muncul, buka HBCD Menu > Harddisk storage > HDD Low Level Format.
Prosesnya cukup lama (opsi NORMAL), jika pingin cepat, centang pada opsi quick format.

Setelah selesai, klik OK, maka HDD minta untuk di format ulang. Saat di cek di eksplorer drive HDD biasanya menjadi hilang (tidak terbaca).

Untuk mengembalikan HD agar bisa terbaca oleh windows/komputer tentu harus memformat kembali menjadi NTFS atau FAT32. Untuk cara ini kita bisa menggunakan HBCD juga.
Restart dulu dan kembali booting melalui HBCD, lalu pilih opsi LINUX BASED RESCUE ENVIRONMENT  (PARTED MAGIC).

Setelah jendela PARTED MAGIC terbuka, lalu masuk/buka SYSTEM TOOLS > MOUNT DEVICES.

Cari dan pastikan memilih di drive HDD kita berada, klik kanan > ROOT > FORMAT > pilih NTFS atau FAT32. Jika cara ini belum bisa menampilkan opsi format, coba eksplore menggunakan tool yang lain, hingga proses formating bisa dilakukan.

Setelah formating HDD sukses (done), maka kita bisa logout dari Linux. Kemudian kembali lagi menjalankan mini windows xp untuk mengecek apakah HDD sudah terdeteksi apa belum.

Sukses HDD saya sudah terbaca/terdeteksi di mini xp dan artinya kita bisa coba instal ulang windows di HDD yang sudah diperbaiki tadi.

Demikianlah kronologi yang saya lakukan pada HDD saya saat mengalami harddisk tidak terbaca di windows/komputer setelah melakukan low level format. Cara ini bisa anda lakukan dengan catatan berani mengambil resiko yang mungkin terjadi, karena beda perangkat tentu akan berbeda hasilnya. Sekian tips solusi atasi harddisk tidak terbaca di windows/komputer dari saya, semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu mencari solusi yang mungkin anda butuhkan.

No comments:

Post a Comment