google-site-verification: googlea9a7bb945be0257d.html Jagad-enjang: Cara Backup Data Android Via Google Backup Aman

Thursday, January 1, 2015

Cara Backup Data Android Via Google Backup Aman

Cara Backup Data Android Via Google Backup Aman. Untuk menjaga data file penting di Android tetap aman dan tidak hilang, jika suatu saat terjadi masalah pada ponsel Android, data masih bisa dikembalikan. Membuat backup data pada Android menjadi cara yang tepat dan wajib kita lakukan agar tidak kehilangan data penting kita.

Kita sebaiknya melakukan backup data secara berkala, setiap memiliki data baru maka perlu untuk kita lakukan backup kembali data baru anda. Cara Backup data Android melalui layanan Google, menjadi salah satu cara yang aman dan setiap saat bisa kita unduh kembali data tersebut.

Pada smartphone Android anda, juga bisa secara langsung melakukan Backup Data Bagaimana caranya, gampang sekali, masuk ke Settings > Backup and Reset > Backup My Data kemudian silakan pilih Automatic Restore. Langkah selanjutnya anda perlu, melakukan sinkronisasi agar data di handphone bisa tersimpan, seperti data kontak, email dan lain-lain.


Melalui layanan dari Google

Anda bisa mengupload file kesayangan ke server google, misalnya ingin menyimpan file musik/video, bisa menggunakan fasilitas dari google yang ada. Namun butuh koneksi yang bagus dan juga waktu, karena jika koneksi jelek bisa memakan waktu cukup lama.

Jika anda memiliki computer maka cara ini tentu lebih mudah dan praktis yang bisa kita lakukan. Tinggal copy paste ke computer maka data penting akan tersimpan disana secara aman. Pingin lebih aman lagi, bisa disimpan pada folder dengan menggunakan password.

Jika ingin mem-backup menggunakan Android cara lain anda bisa gunakan My Backup Pro. Ini adalah sebuah aplikasi Android bernama My Backup Pro yang bisa diunduh / beli yang berasal dari Rerware. My Backup Pro memiliki kelebihan dan kemudahan dalam penggunaannya. Dengan My Backup Pro secara mudah Anda bisa secara langsung mem-backup data seperti foto, data aplikasi, bookmark browser, kalender, MMS, SMS dan lain-lain.

Bagi pengguna Samsung bisa menggunakan Samsung Kies yang telah disediakan oleh pihak smartphone aplikasi Kies Air.  Aplikasi Kies Air bisa digunakan untuk pengguna Samsung Android dengan menghubungkan ke komputer untuk terhubung dengan perangkat lainnya dalam jaringan yang sama. Melalui computer bisa mengeksplor ataupun mengcopy data. Untuk menggunakan aplikasi ini akan diberi alamat IP yang harus dimasukkan ke dalam browser yang disertai dengan PIN.

Bagi pengguna Samsung Kies, pada aplikasi ini dilengkapi dengan Desktop. Anda bisa menggunakan desktop untuk mem-backup data smartphone dengan menghubungkan smartphone Android Samsung dengan computer. Itulah sedikit info tentang Cara Backup data Android Via Google Backup Aman

Untuk data-data seperti file gambar, audio, video bisa saja disimpan di internal storage (kartu MicroSD, dll), namun untuk data seperti kontak, sms, memo, email, perlu cara tertentu untuk bisa backup/menyimpannya, bisa dengan cara online dan offline.


Cara Backup Data pada Android Secara Online:

Menggunakan fitur Google Back Up,cara mengaktifkan sbb

1. Menuju ke menu Setting (pengaturan), pilih menu personal, pilih Back Up dan reset.

2. Beri ceklist pada pilihan Back Up dan Restore otomatis.

3. Kembali lagi ke menu pengaturan lalu pilih menu personal.

4. Pilih Account dan sync.

5. Selanjutnya silakan pilih akun Google utama yang Anda gunakan untuk disinkronisasi (ke Google Back Up)

6. Setelah itu akan muncul list data yang akan disinkronisasikan, dan Anda memerlukan aplikasi tambahan, bisa diperoleh di Google Playstore seperti SMS Backup atau My Phone Explorer.


Backup Data pada Android Secara Offline

Anda harus menggunakan aplikasi tambahan untuk metode/cara ini. Aplikasi tambahan yang dapat Anda gunakan, seperti My Back Up, Mobile Backup II, App Backup and reinstall, JS Backup ataupun My Phone Explorer dan semua bisa di download gratis di Google Playstore. Buat file backup data melalui salah satu dari aplikasi tersebut, kemudian pindahkan file backup anda ke komputer. Semoga bermanfaat.

1 comment: