google-site-verification: googlea9a7bb945be0257d.html Jagad-enjang: Cara Mengganti Warna Background Pas Photo

Friday, December 18, 2020

Cara Mengganti Warna Background Pas Photo

Cara mudah mengganti warna background (latar belakang) pas Photo menggunakan adobe photoshop. Mengganti background untuk pas foto kadang diperlukan sesuai kebutuhan kita seperti warna merah, biru dan sebagainya. Dengan cara ini kita tidak perlu foto baru lagi, tetapi cukup dengan mengganti warna backgroundnya saja, praktis dan ngirit...Langsung saja ke TKP.

Buka foto anda. Buat duplikat layer dengan tekan tombol ctrl + J pada keyboard, ( kanan bawah, muncul layer 1 diatas background).



Pastikan layer 1 terpilih (klik layer 1) lalu buat seleksi gambar dengan cara sbb. Pada panel tool sebelah kiri, Klik kanan pada selection tool lalu pilih polygonal lasso tool (lihat gambar).

 

Selanjutnya lakukan seleksi gambar dengan cara mengklik titik tertentu dulu, lalu gerakkan mouse anda mengikuti garis atau alur bagian tepi foto dan klik lagi untuk membuat titik point garis baru (ikuti sesuai garis lengkung yang ada). Sedikit melenceng tidak apa apa karena nanti masih bisa dirapikan lagi. Lakukan sampai mengikuti seluruh bagian tepi foto dan pastikan anda mempertemukan kembali titik poin terakhir dengan titik point pertama Anda tadi. Jika titik itu bertemu maka titik point tadi akan berubah menjadi garis putus putus.



Jika sudah terseleksi (menjadi garis putus putus), kita lakukan invers dengan cara klik tab Select (atas) lalu pilih inverse, maka bagian yang terseleksi berbalik ke bagian background.

Untuk menghapus latar belakang, gunakan (pilih) background eraser tool, selanjutnya anda klik di bagian background foto (bagian yang terseleksi garis putus putus) kemudian lanjutkan dengan tekan tombol DEL, maka warna bakground akan menjadi kosong.

 

Selanjutnya matikan saja (klik) icon mata di bagian layer background (yang bawah) maka gambar akan terlihat seperti dibawah ini.

 

Untuk merapikan bagian tepi gambar yang kita seleksi tadi kita lakukan cara berikut, klik Select -> Modify-> Feather. Ubah nilainya ke 3 pixels lalu OK.

 

Setelah itu tekan tombol backspace atau del beberapa kali sampai anda lihat bagian tepi foto (hasil potongan tadi) terlihat lebih rapi, dan jika sudah bagus klik select-> deselect.

Buat layer baru, dengan cara klik create a new layer, setelah itu pindahkan (drag) layer baru tersebut ke posisi dibawah dan layer 1 berada paling atas. Lanjut dengan memilih paint bucket tool. Pilih color picker dan tentukan warna yang dikehendaki, lalu klik area background untuk mengisi warna baru anda.


Langkah terakhir gabungkan semua layer dengan klik kanan layer-> Merge visible lalu simpan hasil edit anda ini menjadi PNG atau Jpg, selesai.

 

INI HANYA CONTOH HASIL (SILAKAN BUAT LEBIH RAPI)

 


 SIMAK TIPS LAINNYA DI ALAMAT BERIKUT

https://jagad-enjang.blogspot.com/

https://gumregut.blogspot.com/

https://bencahalay.blogspot.com/

https://musttrie-art.blogspot.com/


KLIK "VIEW WEB VERSION" UNTUK TAMPILAN DI KOMPUTER

No comments:

Post a Comment