google-site-verification: googlea9a7bb945be0257d.html Jagad-enjang: Alat Pembuat santan kelapa Kental

Friday, March 8, 2013

Alat Pembuat santan kelapa Kental

Alat Pembuat santan kelapa Kental ini bekerja dengan tenaga motor listrik 0,5 PK, putaran motor -1400 rpm untuk memutar dan memeras. Parutan kelapa dimasukkan ke dalam tabung pemeras, kemudian jalankan mesinnya. Kemampuan memeras sebanyak 3 kg parutan plus air sebanyak 4 liter dalam waktu 3 menit. Berikut spesifikasi Alat Pembuat santan kelapa Kental.



Spesifikasi alat:

Spesifikasi alat pemarut kelapa
- Ukuran/dimensi (50 × 30 × 80) cm, tenaga  0,5 PK, putaran motor -1400 rpm, 220 V.

Alat pemeras santan:
- Dimensi (65 × 65 × 75) cm
- Tabung pemeras diameter 26 cm, tinggi 32 cm , 0,25 PK, 1420 rpm.
- Putaran tabung 1200 rpm, 220 V.

Alat ini telah diuji coba dengan hasil kapasitas produksi sebagai berikut:
Mesin alat pemarut kelapa
35 kg kelapa/jam atau setara  80 butir/jam.
Jika dibandingkan dengan cara manual/tradisional, maka menggunakan alat pemarut kelapa ini akan membuat waktu 7 kali lebih cepat.

Alat pemeras santan kelapa
Kapasitas mampu menampung  3 kg parutan ditambah air sebanyak 4 liter dengan waktu 3 menit untuk sekali memeras.

Cara ini akan menghasilkan santan kurang lebih dari kapasitas 60 kg parutan per jam. Mungkin jika anda bandingkan dengan cara biasa, alat pemeras santan kelapa ini akan bekerja 5 kali lebih cepat, selain itu santan kelapa yang dihasilkan akan lebih kental dan berkwalitas.

Cara Kerja alat ini sangat mudah. Bersihkan Kelapa dan parut kelapa di mesin pemarut, kemudian hasil parutan ditambah air dimasukkan pada tabung pemeras. Tutup dan kunci, kemudian  hidupkan motor pemeras, maka tak lama kemudian santan kental akan keluar dari lubang pengeluaran santan dan siap ditampung.

Sumber diambil dari Penerapan Iptek Program Vucer IX 2003, Universitas Negeri Yogyakarta / Industri Es Krim `Cap Enak', Sleman, informasi kontak hubungi A Manap, Riswan D, Dan Suprapto Rachmad. Demikian informasi Alat Pembuat santan kelapa Kental.

No comments:

Post a Comment